Kuliner Kumpulan Kata Kata Bijak Mutiara Cinta Ramalan Bintang Zodiak Tangga Lagu Terbaru Gosip Artis Korea Games MotoGP Sepakbola Kesehatan Sms dan Cerita Lucu

 

Tips Agar Sambal Tahan Lebih Lama

cara mengawetkan sambal
Sambal merupakan bumbu penambah nafsu makan, namun Tips Agar Sambal Tahan Lebih Lama tentunya hanya sebagian saja yang tahu. Nah apa bila anda ingin mengetahui Tips Agar Sambal Tahan Lebih Lama di bawah ini telah kami sediakan untuk anda, agar dapat anda melakukannya supaya sambal kesukaan anda tidak cepat berjamur dan bau amis ataupun basi.

Terdengar mudah utk membuat sambal yang nikmat? Bisa ya ataupun tidak (tergantung ketrampilan anda). Namun tidak kalah penting pula untuk mempertahankan rasanya bila anda memproduksi sambal dalam jumlah banyak untuk disimpan sebagai cadangan.

Namun demikian seringkali sambal lezat yang anda buat itu menjadi berjamur, berbau tak sedap dan basi. Sebenarnya tak perlu kita menggunakan bahan-bahan kimiawi atau pengawet untuk membuat sambal tahan lama (preservation). Dengan mengikuti kiat berikut anda dapat memperoleh sambal segar yang tanpa pengawet (preservatives) tapi juga bisa bertahan lama.

Tip sederhana berikut pasti dapat mengatasi masalah tersebut:

1. Selalu pastikan bahan-bahan yang anda pakai (cabai,tomat dll) adalah bahan yang bersih dan segar. Pastikan untuk mencuci bersih bahan-bahan sebelum diolah.

2. Pergunakan alat-alat memasak dan tempat penyimpanan yang bersih. Jadi cucilah lebih dahulu alat-alat dengan baik. Sisa-sisa bahan ataupun makanan di alat atau tempat tersebut akan dapat menjadi medium yang menarik bagi kuman, jamur dan sebangsanya. Selalulah apik dalam kebersihan. Ingat selain makanan harus sedap juga harus terjamin higinitasnya (food hygiene) kan?

3. Bila hendak membuat sambal yang akan disimpan dalam waktu lama, sebaiknya masak
(cook) bahannya hingga matang sebelum diolah. Contoh bila hendak membuat sambal terasi (Lihat resep pembuatan sambal terasi pada artikel/blog ybs) sebaiknya cabai, tomat dll di goreng/sangrai terlebih dahulu. Perebusan juga bisa membantu meskipun biasanya penggorengan dan sangrai bisa lebih membuat bahan-bahan bertahan lebih lama.

4. Simpan sambal hasi olahan setelah didinginkan hingga suhu kamar. Kemudian simpan di dalam freezer dalam kemasan yang bersih.

Itulah Tips Agar Sambal Tahan Lebih Lama yang dapat kami bagikan untuk anda penyuka sambal Indonesia. Selain Tips Agar Sambal Tahan Lebih Lama anda juga bisa melihat artikel lain di blog ini. Selamat mencoba

 
Liputan Khusus
share Adsense Blogger Template
Tips Agar Sambal Tahan Lebih Lama - Liputan Khusus